RPP Matematika MI/ SD Kelas 2 (Materi Perkalian dan Pembagian) KTSP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Sunan Ampel
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester :
II/ II
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
3.
Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
B. Kompetensi
Dasar
3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka
C. Indikator
3.1.1
Menghitung
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
3.1.2
Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian bilangan yang hasilnya
bilangan dua angka
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
menggunakan media “Sate Bilangan”, siswa dapat menghitung perkalian yang
hasilnya bilangan dua angka
2. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan perkalian yang hasilnya bilangan dua angka.
E. Materi
Pokok
Perkalian
bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
F.
Model
Pembelajaran
Cooperative
Learning
G. Pendekatan
Problem
Solving
H. Strategi
Pembelajaran
Mesin
Penjawab
I.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi,
Ceramah, Kerja Kelompok, Penugasan
J.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
-
Guru mengucapkan salam dan
menanyakan kabar siswa
-
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa sebelum belajar
-
Guru mengecek kehadiran siswa
-
Guru melakukan apersepsi dengan
bertanya pada siswa: “Siapa yang bisa melakukan penjumlahan berulang? Coba,
berapa 2+2+2? Berapa 4+4+4+4?
-
Guru mengaitkan apersepsi
dengan materi yang akan dipelajari siswa yaitu tentang perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka
-
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksporasi
-
Guru menunjukkan media “Sate
Bilangan” pada siswa
-
Guru meminta dua siswa untuk
maju ke depan kelas
-
Guru memberikan beberapa
potongan sterofoam pada salah satu siswa dan meminta siswa itu untuk
mengelompokkannya dua-dua pada tusuk-tusuk yang terdapat pada media sate
bilangan
-
Guru meminta siswa lainnya
untuk menghitung jumlah dari semua potongan sterofoam yang telah ditancapkan
di tusuk-tusuk sate bilangan
-
Guru bertanya pada kedua siswa
tersebut ada berapa kali penjumlahan yang dilakukan
-
Guru memberikan beberapa
potongan sterofoam dengan jumlah yang berbeda dan meminta kedua siswa
tersebut mengelompokkan tiga-tiga, kemudian lima-lima dan melakukan hal yang
sama
-
Guru bertanya pada siswa
lainnya ada berapa kali penjumlahan yang dilakukan
Elaborasi
-
Guru menjelaskan pada siswa
bahwa penjumlahan berulang disebut perkalian
-
Guru menceritakan sebuah
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian
-
Guru mendemonstrasikan cara
penggunaan media sate bilangan untuk membantu menyelesaikan permasalahan/
soal cerita tersebut
-
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok
-
Guru mendemonstrasikan kegiatan
yang akan dilakukan siswa yaitu permainan mesin penjawab dimana setiap kelompok
akan berkesempatan menjadi mesin penjawab yang harus menjawab pertanyaan
berupa soal cerita terkait perkalian dengan media sate bilangan dari
kelompok-kelompok lain yang berperan sebagai mesin penanya.
-
Guru memberikan penguatan
materi
Konfirmasi
-
Guru mengapresiasi siswa atas
keaktifannya
-
Guru melakukan refleksi dengan
menanyakan pada siswa terkait materi apa yang telah dipelajari, apakah
pembelajaran hari ini menyenangkan, apakah ada yang ingin ditanyakan?
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
-
Guru meminta siswa menyimpulkan
materi yang telah dipelajari hari ini yaitu perkalian bisa dilakukan dari
penjumlahan berulang (4 x 5 = 5 +5+5+5 limanya ada empat kali)
-
Guru memberikan PR pada siswa
-
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa sesudah belajar
-
Guru memotivasi siswa dan
mengucapkan salam
|
10 menit
|
K. Media
dan Sumber Belajar
Media : Sate Bilangan
Sumber
Belajar : Buku Paket Matematika Kelas
II SD/ MI
L. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
3.1.1
Menghitung perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka
|
Tes Tulis
|
Tes Tulis Isian
|
Terlampir
|
3.1.2
Menyelesaikan permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian yang hasilnya bilangan dua angka.
|
Non Tes
|
Penilaian Unjuk Kerja
|
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
|
Tes
Tulis Isian
Isilah
titik- titik di bawah ini dengan benar!
1. 5
x 6 = ... + ... + ... + ... + ... = ...
2. 4
x 7 = ... + ... + ... + ... = ...
3. 8
x 5 = ... + ... + ... + ... + ... + ... + ... + ... = ...
4. 7
x 3 = ... + ... + ... + ... + ... + ... + ... = ...
5. 6
x 8 = ... + ... + ... + ... + ... + ... = ...
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Kelompok :
Topik : Penyelesaian masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian
bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka
No.
|
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Bobot
|
Nilai x Bobot
|
Catatan
|
1.
|
Ketepatan hasil perkalian
|
|
5
|
|
|
2.
|
Keaktifan
|
|
5
|
|
|
3.
|
Kerjasama
|
|
5
|
|
|
4.
|
Kemampuan memkomunikasikan hasil
kerjanya
|
|
5
|
|
|
Jumlah Nilai
|
-
|
-
|
100
|
|
Kriteria Penilaian
5
= semua benar
4
= sebagian besar benar
3
= sebagian kecil benar
1 =
semua salah
________,
____________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
(____________) (______________)
0 Response to "RPP Matematika MI/ SD Kelas 2 (Materi Perkalian dan Pembagian) KTSP"
Posting Komentar